ILMU BUDAYA DASAR

1

     BUDAYA DASAR



     Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari budaya budaya dasar di manapun dengan ada nya ilmu budaya dasar kita dapat belajar banyak tentang budaya yang ada di belahan dunia dan juga kita dapat menggunakan ilmu budaya dasar untuk salah satu motivasi belajar lebih baik dengan melihat budaya budaya asing yang mempunyai nilai positif dari kebudayaan nya oleh sebab itu penting nya mempelajari ilmu budaya sosial agar kita lebih mengerti tentang kebudayaan negara kita.
  
     Manusia dan kebudayaan, Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini. Manusia di ciptakan oleh tuhan dengan dibekali oleh akal pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini.  Disamping itu manusia juga memiliki akal, intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku.Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan. Ada hubungan dialektika antara manusia dan kebudayaan. Kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan  manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya.  Kebudayaan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendudukungnya.

     konsepsi ilmu budaya dan kesusastraan, Kesusastraan memiliki kata dasar sastra. Sastra merupakan istilah yang melingkupi berbagai macam karya yang mengekspresikan suatu keadaan,pemikiran,keindahan,kehidupan,ekspresi perasaan,kondisi psikologis,dan lain sebagainya. Dalam Ilmu Budaya Dasar ,sastra merupakan kompenen penting untuk mempelajari budaya dan manusia yang terkait didalamnya Karena sastra merupakan penjabaran abstraksi sehingga lebih mudah berkomunikasi, sedangkan ilmu lain misalnya Filsafat yang juga menggunakan bahasa adalah abstraksi karena cintakasih,kebahagiaan,kebebasan dan lainnya yang di garap oleh filsafat adalah abstrak karenanya kurang berkomunikasi.Dengan mempelajari karya sastra terdahulu,sastra zaman majapahit sampai sastra sesudah kemerdekaan indonesia, akan dijumpai peradaban yang luar biasa dan perubahan yang sangat dinamis.
 
      manusia dan cinta kasih,   Menurut kamus umum bahasa indonesia karya w.j.s. poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka(kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tetarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka(sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. Cinta memegang peran yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat, dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antar manusia dengan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintahnya, dan berpegang teguh pada syariatnya.





Penulis : Ferdy Herlambang ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ILMU BUDAYA DASAR ini dipublish oleh Ferdy Herlambang pada hari Selasa, 24 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan ILMU BUDAYA DASAR
 

0 komentar:

Posting Komentar