RUANG LINGKUP EKONOMI



Pengertian ekonomi



Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidup nya, ini di dasarkan dari kata ekonomi yang berasal dari bahasa yunani , pengertian ekonomi berasal dari kata oikos dan nomos, oikos adalah rumah tangga dan nomos berarti ilmu , jadi pengertian ekomoni pada dasar nya adalah ilmu yang mengatur rumah tangga.



Dari gabungan kata tersebut , terciptalah makna ekonomi yang lebih krusial lagi, tidak hanya semata-mata hanya mengatur rumah tangga, dimana dalam pengertian ekonomi tersebut,menunjukan sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia, khusus nya pada usaha untuk bias mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitar.



Teori ekonomi



Dalam kajian ilmu pengetahuan , pengertian ekonomi di masukan ke dalam  bagian ilmu-ilmu social, hal ini karena ilmu ekonomi tersebut terkait dengan masalah manusia yang terkait dengan pokok bahasan dalam kajian ilmu social, di dalam ilmu ekonomi sendiri, pembagian mengenai ilmu ekonomi sendiri di bagi menjadi tiga bidang.



Bidang pertama dari pengertian ekonomi adalah bidang tata buku atau lebih di kenal dengan nama akuntansi, bidang kedua dari pengertian ekonomi terkait dengan teknik penataan system organisasi yang di kenal dengan manajemen, dan bidang ketiga dari pengertian ekonomi adalah konsep yang mambahas tentang masalah ekonomi Negara atau yang di kenal dengan ekonomi pembangunan.



Bidang akuntanasi dan menajemen sendiri di golongkan sebagai ilmu ekonomi dalam pengertian ekonomi mikro, sebab pokok bahasan nya lebih terkait pada lingkup perusahaan semata. Sementara untuk ekonomi pembangunan di golongkan sebagai ekonomi dalam ekonomi makro, hal ini karena kajian bahasan ilmu ekonomi lebih bersifat luas dan terkait dengan kebijakan sebuah Negara di bidang ekonomi. Seperti tentang penentuan suku bunga , nilai inflasi atau juga tentang system perekonomian yang sedang di gunakan.



Pentingnya Memahami Pengertian Ekonomi


Pengertian ekonomi bisa kita pelajari dan pahami tidak hanya dari definisinya saja. akan lebih baik lagi jika pemahaman pengertian ekonomi bisa kita dapatkan dari pengalaman kita sehari-hari terkait masalh perekonomian. Kita tidak bisa lepas dari ekonomi , karena apa yang kita lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup tersebut harus kita penuhi apa lagi jika bukan dengan factor ekonomi.

Pengertian ekonomi yang di anut setiap orang berbeda-beda, hal ini bisa di lihat bagaimana setiap orang memenuhi kebutuhan hidup nya. Orang awam dengan ahli ekonomi tentu saja memiliki pengertian ekonomi yang berbeda. Demikian juga dengan cara mereka memenuhi kebutuhan hidup nya, tentu saja berbeda. Ilmu ekonomi membicarakan banyak hal, salah satu nya adalah mengenai jual beli, dan barang jasa, semua itu merupakan beberapa hal penting yang di bahas dalam pengertian ekonomi.









Pengertian ekonomi menurut beberapa para ahli



-          Menurut  Profesor  P.  A. Semuelson, ilmu ekonomi adalah :

“Suatu  studi  mengenai  individu-individu  dan  masyarakat  membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan  sumber-sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumen, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat”.





-          Menurut Abraham Maslow, ilmu ekonomi adalah:

salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien”.





-          Menurut Hermawan Kartajaya, ilmu ekonomi adalah:

“platform dimana sector industry melekat di atas  nya”









 Sejarah perkembangan ilmu ekonomi

Adam Smith sering disebut sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi pada abad 18 sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Melalui karya besarnya Wealth of Nations , Smith mencoba mencari tahu sejarah perkembangan negara-negara di Eropa . Sebagai seorang ekonom, Smith tidak melupakan akar moralitasnya terutama yang tertuang dalam The Theory of Moral Sentiments . Perkembangan sejarah pemikiran ekonomi kemudian berlanjut dengan menghasilkan tokoh-tokoh seperti Alfred Marshall, J.M. Keynes, Karl Marx, hingga peraih hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 2006, Edmund Phelps.
Secara garis besar, perkembangan aliran pemikiran dalam ilmu ekonomi diawali oleh apa yang disebut sebagai aliran klasik. Aliran yang terutama dipelopori oleh Adam Smith ini menekankan adanya invisible hand dalam mengatur pembagian sumber daya, dan oleh karenanya peran pemerintah menjadi sangat dibatasi karena akan mengganggu proses ini. Konsep invisble hand ini kemudian direpresentasikan sebagai mekanisme pasar melalui harga sebagai instrumen utamanya.
Aliran klasik mengalami kegagalannya setelah terjadi Depresi Besar tahun 1930-an yang menunjukkan bahwa pasar tidak mampu bereaksi terhadap gejolak di pasar saham. Sebagai penanding aliran klasik, Keynes mengajukan teori dalam bukunya General Theory of Employment, Interest, and Money yang menyatakan bahwa pasar tidak selalu mampu menciptakan keseimbangan, dan karena itu intervensi pemerintah harus dilakukan agar distribusi sumber daya mencapai sasarannya. Dua aliran ini kemudian saling "bertarung" dalam dunia ilmu ekonomi dan menghasilkan banyak varian dari keduanya seperti: new classical, neo klasik, new keynesian, monetarist, dan lain sebagainya.
Namun perkembangan dalam pemikiran ini juga berkembang ke arah lain, seperti teori pertentangan kelas dari Karl Marx dan Friedrich Engels, serta aliran institusional yang pertama dikembangkan oleh Thorstein Veblen dkk dan kemudian oleh peraih nobel Douglass C. North.

Permintaan

Pengertian permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
            Hukum permintaan
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium.

            Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan seseorang atau suatu masyarakat akan suatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah :

1.      Harga barang itu sendiri

2.      Harga barang-barang subtitusi

3.      Pendapatan rumah tangga atau pendapatan masyarakat

4.      Selera dan perilaku seseorang atau masyarakat

5.      Jumlah penduduk




Penawaran



            Pengertian penawaran



Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.



            Hukum Penawaran

Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium.



            Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

                       

1.      Harga barang itu sendiri

2.      Harga barang-barang lain (barang-barang subtitusi)

3.      Biaya produksi

4.      Tujuan-tujuan perusahaan

5.      Pajak

6.      Tingkat teknologi yang di gunakan

7.      Perkiraan harga barang yang akan dating

Penulis : Ferdy Herlambang ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel RUANG LINGKUP EKONOMI ini dipublish oleh Ferdy Herlambang pada hari Rabu, 27 Maret 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan RUANG LINGKUP EKONOMI
 

0 komentar:

Posting Komentar