9 aspek penting yang berpengaruh dalam penulisan ilmiah

 Pada posting kali ini saya akan menuliskan 9 aspek penting yang berpengaruh untuk membuat sebuah karya tulisan ilmiah.



Tujuan  : mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, baik secara lisan dan terutama tulisan sebagai sarana pengungkap gagasan ilmiah.
1.      Ragam bahasa
2.      Ejaan
3.      Diksi
4.      Kalimat
5.      Alinea
6.      Perencanaan penulisan karangan ilmiah
7.      Kerangka karangan
8.      Kutipan dan catatan kaki
9.      Abstrak dan daftar pustaka.




Ragam Bahasa
menurut pengertian nya ragam bahasa merupakan variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda menurut topic / pembahasan yang sedang di bicarakan . ragam bahasa juga dapat di gunakan dalam sarana penulisan karya ilmiah karena menggunakan bentuk kosakata yang baku dan resmi.

Ejaan
                Ejaan adalah bunyi-bunyi bahasa dengan huruf yang sering di ucapkan dan di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat juga di gunakan untuk memisahkan atau menggabungkan  bahasa.


Diksi
                pemilihan kata , gaya bahasa dan ungkapan – ungkapan seorang penulis atau pengarang untuk menggambarkan sebuah cerita , agar dapat menghasilkan cerita yang menarik.

Kalimat
                Satuan bahasa dalam bentuk lisan maupun tulisan yang dapat mengungkapkan suatu pemikiran seorang pembicara. Kalimat terbagu menjadi 2 jenis yaitu kalimat fakta ( kalimat yang berisi tentang kejadian / peristiwa yang nyata ) dan kalimat opini ( kalimat yang berisi tentang pendapat – pendapat atau perkiraan terhadap sesuatu hal yang belum terjadi ) 

Alinea
kesatuan pikiran yang lebih tinggi dari sebuah kalimat yangg merupakan himpunan yang saling berkaitan satu sama lain untuk membuat sebuah gagasan dari penulis.

Perencanaan penulisan karangan ilmiah
                Perencanaan penulisan karangan ilmiah ini sangat penting karena pada point ini lah , kita akan merencanakan membuat tulisan tentang apa , di mulai dari pemilihan topic , pembatasan topic , penulisan judul hingga penentuan kerangka karangan.

Kerangka karangan
                Bagian ini merupakan sebuah kerangka atau “badan” dari sebuah penulisan yang memuat garis –garis besar dari sebuah karangan atau tulisan yang di susun secara sistematis , jelas dan terstruktur dengan baik.

Kutipan dan catatan kaki
                Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip, sedangkan catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran akhir bab sebuah karangan ilmiah , dari pengertian di atas menunjukan bahwa point ini sangat berguna atau berfungsi dalam suatu karangan ilmiah.

Abstrak dan daftar pustaka
                Abstrak merupakan sajian secara singkat mengenai inti dari suatu karangan ilmiah , tanpa ada nya tambahan , kritik maupun tanggapan dari penulis itu sendiri , sedangkan daftar pustaka suatu daftar yang berisi semua sumber-sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan atau referensi dalam penulisan karya ilmiah.






Penulis : Ferdy Herlambang ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 9 aspek penting yang berpengaruh dalam penulisan ilmiah ini dipublish oleh Ferdy Herlambang pada hari Senin, 28 Oktober 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan 9 aspek penting yang berpengaruh dalam penulisan ilmiah
 

2 komentar:

  1. bro kenapa sebuah ejaan bisa mempengaruhi sebuah penulisan ilmiah?

    BalasHapus
  2. bro kenapa sebuah ejaan bisa mempengaruhi sebuah penulisan ilmiah?

    BalasHapus