1. Apa yang di maksud dengan elastisitas ?
Elastisitas adalah
suatu tindakan / respon / reaksi seseorang ( konsumen ) terhadap perubahan
harga suatu produk dan dapat di jadikan suatu perbandingan perubahan
proporsional antara suatu variable dengan variable lain nya.
2. Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih
mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Elastisitas memang
perlu di kaji lebih mendalam lagi oleh sebuah perusahaan atau industri agar
sebuah perusahaan atau industry tersebut dapat menentukan harga jual suatu
barang ( produk ) yang akan di buat (
produksi ) supaya produk tersebut dapat lebih terjangkau bagi seluruh konsumen
, karena jika suatu perusahaan atau industry mematok / menentukan harga yang terlalu
tinggi maka konsumen pun akan mencari barang ( produk ) yang harga nya lebih
murah.
3. Jelaskan konsep elastisitas harga
permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan!
- Elastisitas harga permintaan adalah mengukur
tingkat reaksi konsumer terhadap perubahan harga. Elastisitas ini dapat menceritakan
pada produsen apa yang terjadi terhadap penerimaan penjualan suatu perusahaan
atau industry
- Elastisitas harga penawaran adalah suatu
alat untuk mengukur respon produsen terhadap perobahan harga
- Elastisitas silang adalah Permintaan
konsumen terhadap suatu barang tidak hanya tergantung pada harga barang
tersebut
- Elastisitas perndapatan adalah Suatu
perubahan (peningkatan/penurunan) daripada pendapatan konsumer akan berpengaruh
terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perubahan tersebut
4. Faktor apa yang menentukan tingkat
elastisitas?
Ada 6 faktor yang
menentukan tingkat elastisitas , yaitu :
a. Factor keadaan ekonomi
b. Factor penawaran dan permintaan
c. Factor persaingan
d. Factor biaya
e. Factor tujuan perusahaan
f. Factor tujuan pemerintah
5. Bagaimana menurut anda tentang konsep
elastisitas?
Menurut saya
elastisitas merupakan salah satu dari sekian banyak konsep ekonomi yang sangat
penting, karena dapat dijadikan sebagai acuan seseorang ( consumer ) dalam
mengambil langkah atau tindakan terhadap suatu perubahan harga-harga produk
yang beredar di pasaran, dan bisa juga di jadikan acuan bagi perusahaan atau
industry dalam menentukan harga suatu barang ( produk ).
0 komentar:
Posting Komentar